5 Tips Online Shop di Instagram agar Kebanjiran Order!

Media sosial seperti Instagram saat ini memang telah menjadi media sosial nomor satu yang tak terkalahkan. Bagaimana tidak, yang namanya Instagram ini tak hanya menjadi media komunikasi saja karena Instagram juga menjadi satu-satunya media sosial yang memberikan efek secara signifikan pada penjualan online Anda.

Berjualan menggunakan Instagram tentunya bukan merupakan hal yang mudah dilakukan karena Anda harus menggunakan trik tersendiri agar apa yang Anda jual tak sia-sia. Bahkan, Anda juga bisa meningkatkan target penjualan Anda melalui Instagram ini. Lalu, kira-kira apa saja cara pasang iklan gratis dan juga meningkatkan penjualan lewat Instagram?

Tips Tingkatkan Orderan Jualan Melalui Instagram

Ada banyak tips yang bisa Anda lakukan saat ingin berjualan produk lewat Instagram. Tentunya, tips ini harus memberikan perbedaan pada hasil penjualan Anda agar mengalami kebanjiran orderan.

– foto produk secara menarik

Salah satu daya tarik yang besar saat berjualan adalah masalah foto dengan angle terbaik. Foto ini mampu memberikan ilusi yang sangat nyata pada produk yang Anda jual. Sehingga, carilah foto dengan tampilan yang menarik dan juga kemasan yang cantik untuk semakin meningkatkan performa penjualan Anda.

Foto ini menjadi salah satu yang akan dilihat pertama kali saat pelanggan berkunjung pada toko Anda. Dengan foto yang menarik, maka mereka juga akan tertarik untuk melihat secara lebih mendalam. Begitu pula sebaliknya, produk dengan foto biasa akan ditinggalkan oleh pelanggan karena kurangnya daya tarik akan suatu produk.

– carilah segmentasi pasar yang sesuai

Selain dilihat dari foto, segmentasi pasar juga akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan produk Anda. Carilah yang sesuai dengan apa yang Anda jual karena segmentasi pasar yang bagus adalah yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

Saat berhubungan dengan Instagram, mungkin kebanyakan orang akan berpikir jika semakin banyak followers akan semakin banyak pembeli online shop Anda. Hal ini memang benar adanya namun, yang harus diingat adalah followers aktif bukan followers pasif yang didapatkan dengan membeli.

Misalkan saja produk yang Anda jual adalah produk kecantikan, maka target pasar Anda adalah perempuan dengan umur 18 tahun ke atas. Hal ini akan membuat produk Anda semakin digemari dan juga semakin mudah untuk dibeli. Begitu pula jenis produk lain yang Anda jual. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan terkait siapa tergantung penjualan Anda nantinya.

– upload secara berkala

Salah satu yang terkadang dilupakan oleh kebanyakan orang adalah masalah timing. Waktu ini akan sangat menentukan bagaimana pelanggan melihat produk yang Anda jual. Upoladlah secara berkala misalkan sehari berapa kali upload atau seminggu berapa kali upload. Jangan pernah mengupload barang secara serentak dengan timing yang tak tepat karena hal ini justru hanya akan membuat pelanggan semakin bosan terhadap apa yang Anda tawarkan.

Buatlah pelanggan merasakan penasaran terkait apa saja produk yang akan Anda upload. Hal ini akan membuat mereka terus-terusan menunggui akun Instagram Anda karena rasa penasaran yang tinggi pada produk Anda.

– berikan diskon atau promo

Diskon adalah salah satu kata yang dapat membelalak mata pelanggan. Anda bisa melakukan diskon ini sesekali untuk menarik pelanggan untuk datang kepada bisnis Anda. Diskon ini harus dibuat dengan sesuatu yang menarik dan menguntungkan bagi Anda sendiri. Jangan sampai diskon yang Anda buat hanya menguntungkan pengguna saja.

Contoh diskon yang bisa Anda gunakan seperti diskon dengan cara merepost postingan Anda atau sesekali adakan juga give away agar nantinya online shop Anda akan semakin dikenal oleh dunia.

– gunakan hashtag yang relevan

Hastag ini akan sangat berpengaruh pada produk yang Anda jual. Dengan adanya hashtag ini nantinya produk Anda akan dihubungkan dengan pencarian yang relevan terkait produk Anda. Hashtag ini bisa menjadi salah satu cara yang sama halnya dengan pasang iklan gratis karena Anda tak perlu melakukan apa pun namun penjualan Anda akan meningkat secara tajam.

Pilihlah hashtag yang populer yang juga banyak dicari oleh orang sehingga apa yang Anda jual dapat mendatangkan banyak keuntungan. Anda juga bisa melakukan riset terkait apa saja keyword atau kata kunci yang sering digunakan dalam sistem jual beli di Instagram.

Maksimalkan Fitur Instagram Demi Kesuksesan Penjualan

Saat telah memutuskan menggunakan Instagram sebagai media jualan, maka Anda harus bisa mengelolanya dengan baik dan juga memanfaatkan segala fitur yang ada di dalamnya dengan baik. Lalu, kira-kira fitur apa saja yang bisa digunakan dalam Instagram?

– fitur berbagi

Salah satu hal yang cenderung dilupakan dalam Instagram ini adalah adanya fitur berbagi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk lebih melebarkan sayap jualan Anda. Fitur berbagi ini nantinya akan menghubungkan antara satu sosial media yang Anda punya dengan sosial media yang lain. Anda juga bisa memanfaatkan fitur layanan pasang iklan gratis sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Cara ini akan membuat pemasaran jualan Anda semakin luas karena tak hanya dipromosikan dalam satu media saja. Fitur ini juga sangat mudah digunakan karena Anda hanya perlu melakukan klik bagikan saja maka semua produk Anda akan dipromosikan secara maksimal dalam beragam sosial media.

– tingkatkan interaksi dengan pelanggan

Interaksi dengan pelanggan ini juga dapat meningkatkan tingkat penjualan Anda. Semakin banyak interaksi, maka akan semakin meningkatkan juga kepopuleran akun Anda. Sehingga sering-seringlah berinteraksi dengan akun online shop yang lain agar akun Anda terlihat.

Interaksi ini juga tak hanya ditujukan pada sesama online shop karena Anda juga harus meningkatkan interaksi dengan pelanggan Anda agar terkesan ramah dan juga memberikan kenyamanan. Tak lupa, cara merespons yang cepat juga menjadi salah satu penilaian tersendiri. Kebanyakan pelanggan akan lebih menyukai akun yang cepat dalam memberikan tanggapan sehingga sebisa mungkin Anda harus bisa menanggapi satu per satu pelanggan dengan ramah dan juga mengutamakan kenyamanan.

– maksimalkan snapgram

Jika Anda membutuhkan timing yang tepat untuk memposting produk, Anda juga harus menggunakan timing yang tepat pula terkait snapgram ini. Anda bisa menggunakan snapgram di setiap harinya terkait ulasan produk yang Anda jual.

Tak lupa juga dalam melakukan ulasan ini berikan deskripsi secara menyeluruh agar pelanggan tahu terkait bagaimana review dari produk yang Anda jual. Jangan lupa juga untuk selalu meminta testimoni dari pelanggan dan upload dalam bentuk snapgram agar nantinya pelanggan akan semakin percaya terhadap apa yang Anda jual.

Berjualan lewat Instagram ini memang akan memberikan keuntungan yang lebih menjamin dan juga pemasaran produk yang lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan pasang iklan gratis sebagai salah satu jalan untuk meningkatkan pemasaran produk Anda.

Jika Anda memiliki kelebihan dana, Anda juga bisa mencoba menawarkan produk Anda pada beberapa selebgram sehingga nantinya produk Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas nantinya.

Yuk jadikan Instagram sebagai salah satu jalan meningkatkan penjualan produk. Teruslah mencari trik dan strategi untuk membuat jualan Anda semakin berkembang dan semakin mendapatkan pangsa pasar.